Vokal

        Suara sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari kita, menjadi karakteristik setiap individu terutama pada Seni. Dalam Seni, suara sering disebut sebagai Vokal yang diperlihatkan dengan a, i, e, u dan o. Setiap vokal pada setiap individu memiliki ciri khas masing-masing dengan alunan nada-nada tertentu sehingga muncul suara yang indah, jelas, merdu dan nyaring dengan ada atau tidaknya iringan alat musik/Instrument. Individu memiliki batas wilayah nada tertentu yang dapat diciptakan dan dijangkau apabila menggunakan teknik vokal yang benar.

             Teknik vokal yang benar diperoleh dengan postur tubuh, bentuk mulut, teknik pernadasaran dan sebagainya. Hal tersebut masuk kedalam unsur-unsur dalam vokal dalam mempengaruhi suara yang dikeluarkan seorang individu, seperti Artikulasi yaitu pengucapan kata dan huruf dengan jelas dan benar. Pernapasan juga menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan, karena udara yang digunakan ketika mengeluarkan. Teknin pernapasan dibagi menjadi tiga, yaitu teknik pernapasan dada, perut dan diafragma. Sebuah lagu akan lebih berwarna apabila diiringi dengan pemaknaan yang baik dari seorang penyanyi. Perasaan, tujuan atau pesan sebuah lagu akan berbeda tergantung dari siapa yang menyanyikannya biasa disebut sebagai Phrasering. Selain itu ada Resonansi, Vibrato, Improviasasi dan Intonasi yang dapat dipelajari lebih lanjut ketika sudah meguasa ketiga unsur yang telah dijabarkan sebelumnya.

            Salah satu bentuk dari penggunaan teknik vocal adalah bernyanyi Unisono atau teknik bernyanyi dengan satu suara. Ketika paduan sara menyanyikan sebuah lagu dan terdapat “tanda unisono” maka semua penyanyi (tenor, alto, sopran dan bass) akan melebut menjadi satu dan bernyanyi bersama dengan satu melodi lagu.



 

Time

Follow us on Twitter

Stats

Gallery