Seni dan Ilmu Kedokteran


Ilmu medis memang merupakan modal utama seorang dokter dalam menangani pasiennya. Tanpa ilmu yang cukup maka kemampuan dokter tersebut untuk menangani penyakit akan terbatas. Meski demikian, bukan berarti hanya ilmu saja yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi dokter yang baik.mengatakan seorang dokter yang baik harus memiliki rasa seni.  Aktivitas dokter sebenarnya memiliki unsur seni. Saat dokter menentukan teknik operasi, menyusun obat, dan mendiagnosis penyakit semuanya dilakukan disertai rasa seni.

        Menyusun obat dan mengoperasi semuanya betul-betul adalah suatu karya seni. Maka dulu fakultas kedokteran disebut faculty of art. Dokter itu saat jaman belanda dulu gelarnya master of art. selain itu, rasa seni dibutuhkan dokter untuk melatih empatinya. Lewat empati seorang dokter bisa membantu pasien lebih baik dalam menjalankan perawatan.

            Orang yang tidak punya rasa seni mungkin jadi dokternya akan lain. Dia akan sangat komersial, sangat tegaan, dan tidak mempertimbangkan segala sesuatunya dengan hati nurani yang semuanya itu berhubungan dengan seni. Berkaitan dengan hal tersebut, pujangga ternama I Gusti Ngurah Putu Wijaya mengatakan hal serupa. Menurutnya pada profesi dokter seni dibutuhkan untuk menemukan hal baru terkait hal medis.

        Seorang dokter yang punya imajinasi dapat berimprovisasi untuk menemukan sesuatu. Ini dituntun oleh daya ciptanya dan daya pencariannya dari kesenian. Seorang yang profesional pada hakikatnya adalah seorang seniman. Orang yang mampu menemukan sesuatu dengan imajinasinya.

        Pada zaman ini, karya seni bahkan telah digunakan dalam proses pengobatan. Seperti resep seni, terapi seni dan banyak lainnya. Di AS, hampir setengah dari semua lembaga perawatan kesehatan telah melibatkan seni dalam pengobatan pasien, seperti terapi seni dan menempatkan karya seni visual di rumah sakit. Tinjauan sistematis terapi seni klinis menemukan bahwa karya seni visual berdampak signifikan dan positif pada orang yang mengalami depresi, kecemasan, suasana hati yang buruk, trauma, sedih, penyakit alzheimer, dan gangguan mental lainnya. Dan juga ada banyak bukti yang mengatakan bahwa seni visual terutama lukisan alam dapat memberi efek positif pada kesehatan.




 

Time

Follow us on Twitter

Stats

Gallery