Musik Tradisional Minang Kabau

             Musik tradisional merupakan cetusan ekspresi perasaan melalui nada atau suara dari alat musik sehingga mengandung lagu atau irama yang diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Di Indonesia yang kaya akan budaya, terdapat berbagai jenis musik, salah satunya yaitu musik tradisional. Diantara banyaknya alat musik khas Indonesia, alat musik Sumatera Barat menjadi salah satu yang paling beragam. Salah satunya adalah kesenian tradisional berupa alat musik. Alat musik Sumatera Barat memiliki banyak jenis, mulai dari alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, digesek hingga ditiup. Kesenian atau musik Sumatera Barat ini berasal dari masyarakat Minangkabau yang mendapat pengaruh dari musik Melayu.

Ciri khas yang unik dan cara memainkan alat musik tradisional Minang Kabau

1.     Talempong

Talempong merupakan alat musik perkusi, berbentuk gong kecil berpencu (bagian atasnya menonjol), yang terbuat dari campuran logam, perunggu, kuningan, timah dan tembaga. Msayarakat Sumatera Barat memainkan instrumen talempong dengan 2 cara. Cara pertama, talempong diletakkan pada rea (wadah atau tempat meletakkan talempong) atau dikenal dengan sebutan talempong duduak atu rea. Cara kedua talempong dimainkan sambil dijinjing dengan jari atau dikenal dengan sebutan talempong pacik.

2.     Saluang

Saluang merupakan alat musik tiup, sejenis suling yang terbuat dari bambu tipis atau talang. Saluang memiliki 4 lubang, dengan panjang saluang sekitar 40-60 cm dengan diameter 3-4 cm.

3.     Sarunai

Sarunai merupakan alat musik tiup, yang terbuat dari batang padi, kayu atau bambu, tanduk kerbau atau daun kelapa. Sementara bagian penghasil bunyi pada serunai terbuat dari kayu capo ringkik atau bambu talang yang ukurannya sebesar ibu jari tangan.

4.     Gandang Tabuikk

Gandang merupakan alat musik perkusi, yang terbuat dari bahan bambu atau rotan, dan dimainkan dengan cara ditabuh.

5.     Rabab

Rabab merupakan alat musik gesek, sama seperti biola dan terdiri dari tiga bagian yaitu badan, tangkai dan kepala. Pada bagian badan terdapat rongga resonansi dan di belakangnya terdapat lubang kecil tempat keluarnya udara. Bagian badan ini dibuat dari kayu nangka, kayu salam ataupun kayu surian. Bagian tangkai terbuat dari talang atau jenis bambu, sementara kepala rabab dibuat dari kayu, di mana terdapat dua buah pemutar tali yang disebut talingo (telinga). Bagian lainnya adalah penggesek yang terdiri dari benang atau ekor kuda dan rotan.

 


 

Time

Follow us on Twitter

Stats

Gallery