Open Recruitment 2020

 





Halo teman-teman! Apa kabar? Salam sehat ya semuanya, semoga kita tetap dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa dan tetap sehat.

Ada yang beda loh dengan kita tahun ini!!! Dimasa pandemi covid-19, semua kegiatan kita dilaksanakan secara daring atau online, termasuk OPRECT. Sebelumnya sudah pada tahukan OPRECT itu apa?

OPRECT adalah singkatan dari Open Recruitment, yang mana kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Human Resource And Organization Development (HROD). Tujuan diadakannya OPRECT ini yaitu, sebagai jembatan bagi mahasiswa tahun baru yang ingin bergabung degan UKM Rumah Seni. Bergabung dengan Rumah Seni, mahasiswa tidak hanya mengasah bakat-bakat dibidang seni saja, tetapi juga dilatih dalam berorganisasi.

OPRECT ini dimulai pada tanggal 2 November 2020. Semua kegiatan OPRECT dilaksanakan secara daring (online). Mulai dari tahap pendaftaran sampai pada tahap kelulusan peserta magang, kami laksanakan dari rumah masing-masing saja. Akibat dari kondisi pandemi covid-19 ini, pola pelaksanaanya sangat berbeda dengan kegiatan OPRECT dari tahun-tahun sebelumnya.

Informasi dibukanya OPRECT tahun 2020 disebarkan melalui instagram Rumah Seni, dan juga Broadcast kegrup-grup angkatan 2020 dan 2019 Fakultas Kedokteran UNAND. Biasanya, mahasiswa yang ingin mendaftar OPRECT, akan mengambil formulir pendaftaran dan membaca persyaratannya secara langsung di stand Rumah Seni. Sedangkan tahun ini, untuk formulir pendaftaran, mahasiswa tahun baru diminta untuk mendownload sendiri formulirnya, yang sudah kami cantumkan di bio instagram Rumah Seni, dan nantinya akan diupload di google formulir yang juga sudah kami sediakan di bio instagram. Informasi mengenai persyaratan dan persiapan yang harus disiapkan oleh peserta yang ingin mendaftar, sudah lengkap dijelaskan di dalam google formulir, sehingga peserta dapat memahami dengan jelas.

Pendaftaran OPRECT, dilaksanakan selama 7 hari, dari tanggal 2 November 2020 sampai 8 November 2020. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan sesi wawancara yang dilakuan selama 3 hari, dari tanggal 9 November sampai 11 November 2020. Wawancara kali ini, juga dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom. Peserta akan diberikan beberapa pertanyaan oleh seorang pewawancara yang merupakan anggota aktif atau senior dan alumni dari Rumah Seni yang telah hadir. Setelah wawancara, dilanjutkan dengan tes bakat yang dilaksanakan pada tanggal 12 November hingga 14 November 2020. Naah, untuk tes bakat kali ini, peserta diminta membuat video penampilannya sesuai dengan divisi yang mereka pilih. Informasi mengenai video sudah diberitahu sebelumnya, di dalam google formulir, sehingga pada hari tes bakat, staf aktif, senior, dan alumi Rumah Seni, hanya menonton video penampilan dari peserta. Akan tetapi mekanisme tes bakat tersebut, hanya dilakukan oleh 3 divisi saja, yaitu musik, tari, dan vokal. Sedangkan untuk teater, tes bakatnya dilakukan secara langsung melalui aplikasi Zoom. Apabila wawancara dan tes bakat telah dilaksanakan, maka kegiatan selanjutnya yaitu penentuan. Siapakah kira-kira yang bisa lulus Rumah Seni, dan divisi manakah mereka ditempatkan. Cukup berbeda bukan OPRECT sekarang dengan tahun lalu? Tetapi tetap keren. Ternyata Rumah Seni tetap mampu menyelenggarakan OPRECT walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, dan tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Rumah Seni tetap banyak diminati oleh mahasiswa tahun ajaran baru.



 

Time

Follow us on Twitter

Stats

Gallery