Dasar-dasar Akting Panggung

Ketahui apa yang Anda inginkan

Hal pertama yang saya tanyakan pada diri sendiri setelah membaca naskah adalah "Apa yang diinginkan karakter saya dalam setiap adegan?". Ini adalah cara termudah untuk menemukan tujuan karakter Anda. Diskusikan apa yang menurut Anda diinginkan karakter Anda dengan sutradara sebelum menjalankan adegan. Jika Anda berdua berada di halaman yang sama, sutradara akan dapat menyarankan cara berbeda untuk mencapai apa yang diinginkan karakter Anda tanpa membuatnya terasa seperti kritik.


Ketahuilah bagaimana Anda mencoba mendapatkan apa yang Anda inginkan

Bagaimana karakter Anda mendapatkan apa yang mereka inginkan? Saya suka menggunakan kata taktik. Taktik apa yang digunakan karakter Anda untuk mencapai tujuannya? Saya akan sering merujuk pada tesaurus aktor untuk menemukan tindakan / kata kerja yang dapat saya ubah menjadi taktik. Taktik dapat berubah dari baris ke baris. Faktanya mereka harus berubah, dan perubahan itu harus bergantung pada bagaimana karakter yang Anda ajak bicara bereaksi terhadap apa yang Anda katakan. Jika karakter Anda ditakdirkan untuk gagal dalam mengejar tujuannya, jangan takut dengan sengaja memainkan taktik yang tidak berhasil.


Ketahui dari mana Anda berasal dan ke mana Anda pergi

Tidak ada yang lebih buruk daripada menonton aktor masuk atau keluar panggung tanpa tujuan yang jelas. Jika Anda tahu apa yang Anda inginkan dalam sebuah adegan, jalan masuknya harus mudah. Meninggalkan adegan bisa sedikit lebih sulit untuk dibenarkan. Cari tahu mengapa karakter Anda meninggalkan adegan. Apakah untuk menjauh dari karakter lain? Apakah untuk pergi dan melakukan sesuatu di tempat lain? Ratakan jalan keluar Anda!


Ketahui ceritanya

Akting panggung adalah tentang menceritakan sebuah cerita dengan sekelompok orang (mudah-mudahan) dan bahkan sekelompok orang yang lebih besar. Ini bukan pengejaran solo. Saat Anda berakting di atas panggung, sangat penting untuk mengetahui ceritanya. Dan yang saya maksud adalah cerita yang diceritakan sutradara Anda, bukan interpretasi Anda terhadap naskah. Itu adalah diferensiasi esensial dan kesalahan umum. Kisah yang Anda, rekan pemeran Anda, perancang pencahayaan, perancang suara, perancang set, perancang kostum, dan dramaturgi ceritakan adalah visi dan kisah sutradara. Jaga agar pilihan Anda tetap fungsional dan sejalan dengan cerita itu.


Bekerja sama di dalam dan di luar karakter

Kerja sama adalah kunci saat Anda berakting di atas panggung. Saya tidak mengatakan bahwa karakter harus menjadi teman baik. Tentu saja tidak. Tetapi bahkan ketika ada konflik antar karakter di atas panggung, para aktor harus bekerja sama. Teater adalah yang paling menyenangkan ketika Anda berkomitmen penuh untuk mencapai tujuan karakter Anda, sambil bersenang-senang di lingkungan yang aman dan kooperatif. Debat konstruktif adalah bagian penting dari latihan, tetapi jangan terlalu berlebihan. Berikan ruang dan waktu untuk anggota grup Anda yang kurang vokal. Introvert juga manusia!

cr. stagemilkteam
https://www.stagemilk.com/stage-acting-basics/


 

Time

Follow us on Twitter

Stats

Gallery