LIMA MANFAAT BERNYANYI BAGI KESEHATAN


Bernyanyi baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian Professor Graham Welch dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi ternyata dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena bernyanyi mampu meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah di seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular. Hal ini terjadi karena bernyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh.
Bernyanyi merupakan olahraga bagi otot tubuh. Saat bernyanyi, hampir sebagian besar otot-otot di sekitar perut atau diafragma akan bekerja dan ini dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk otot tubuh bagian atas.
Bernyanyi dapat membersihkan sistem pernafasan dan sinus. Aliran udara yang meningkat di dalam saluran pernapasan bagian atas saat bernyanyi akan menurunkan resiko bakteri untuk berkembang di sana sehingga saluran pernapasan menjadi lebih bersih.
Bernyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Frankfurt, Jerman disebutkan bahwa menyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Para peneliti melakukan tes darah pada anggota kelompok paduan suara profesional di Frankfurt. Tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan sesudah latihan bernyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa konsentrasi imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun tubuh manusia yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat cukup signifikan selama latihan vokal berlangsung.
Bernyanyi dapat menekan stres. Saat bernyanyi, tubuh secara otomatis akan melepas hormon yang bernama endorfin. Hormon ini dapat memengaruhi suasana hati dengan menimbulkan rasa senang dan bahagia sehingga dapat menekan tingkat stress yang dialami.


 

Time

Follow us on Twitter

Stats

Gallery